Jumat, 28 Juni 2013

Lingkungan Sehat = Hidup Sehat

Lingkungan Sehat = Hidup Sehat

            Lingkungan merupakan kondisi atau keadaan dimana adanya kesatuan sumber daya alam antara lain seperti air, tanah, energi, flora dan fauna baik di darat maupun di lautan. Lingkungan terbagi menjadi biotik dan abiotik. Komponen atau penyusun dari lingkungan biotik ialah segala sesutau yang bernyawa seperti flora, fauna, micro-organisme dan manusia. Sedangkan lingkungan abiotik sebaliknya, seperti tanah, air, kelembaban, cahaya, iklim dsb.
            Lingkungan sehat adalah suatu keadaan yang terbebas dari berbagai macam kotoran serta bahaya penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat salah satunya dengan cara menanam tumbuhan hijau yang fungsinya untuk mengurangi polusi udara akibat dari pencemaran dari lingkungan yang tidak sehat. Tumbahan hijau yang ditanam ini akan meyumbangkan oksigen yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bernafas. Udara disekitar tumbuhan hijau pastinya akan terasa segar dan bebas dari polusi udara, atau paling tidak bisa mengurangi polusi udara.
Adapun ciri-ciri dari lingkungan sehat yaitu:
  • Udara di lingkungan terasa segar tanpa bau tidak sedap
  • Lingkungan terlihat asri
  • Memiliki pengaturan tempat yang baik.
Cara memelihara dan menciptakan kesehatan lingkungan :
  1. Setiap rumah perlu memelihara tanaman agar terlihat asri dan segar
  2. Warga harus memberi lahan yang cukup untuk membuat jalan
  3. Setiap rumah memiliki tempat sampah yang tertutup
  4. Warga perlu sering mengadakan kerja bakti membersihkan selokan
  5. Semua orang harus menjalankan cara hidup sehat
  6. Menanam tanaman peneduh disekitar lingkungan
  7. Mengenalkan sampah organik dan anorganik

Pengaruh lingkungan terhadap kesehatan:
Bila Anda tidak ingin terserang penyakit, Anda perlu memiliki lingkungan hidup sehat yang bisa menunjang kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Lingkungan sekitar rumah atau tempat tinggal Anda, pasti akan memberikan pengaruh pada perkembangan kesehatan tubuh, karena itu Anda harus menjaganya dengan baik.
Udara yang berdebu dan berasap membuat kita terbatuk-batuk, mata pedih, Jika terlalu sering menghirup udara yang tidak sehat, alat pernafasan kita bisa terserang penyakit.
Lingkungan sehat juga tergantung pada air bersih disekitar rumah. Pastikan bahwa rumah mendapatkan fasilitas air pam atau air bersih. Atau bila mungkin adanya sumur sebagai cadangan air bersih.
Keadaan air yang tercemar sangat mengganggu kehidupan kita. Air yang yang tercemar jika terminum oleh kita akan meracuni tubuh kita. Ikan juga tidak bisa hidup di dalam air yang tercemar.
Kesehatan kita dapat terganggu jika  terus menerus berada dalam lingkungan yang tidak sehat.
Dilihat dari segi ilmu kesehatan lingkungan, penyakit terjadi karena adanya interaksi antara manusia dengan lingkungan tidak selalu menguntungkan, kadang-kadang manusia bahkan dirugikan, oleh karenanya manusia selalu berusaha untuk selalu memperbaiki keadaan sekitarnya sesuai dengan kemampuannya.
Prof. Dr. Noor Nasri Noor, M.P.H (1997;28-29) menyimpulkan unsur lingkungan memegang peranan penting dalam menentukan terjadinya proses interaksi antara penjamu dan unsur penyebab dalam proses terjadinya penyakit.
Referensi:

http://desturyuzaki.blogspot.com/2012/01/pengertian-lingkungan.html
http://earth-is-ourlife.blogspot.com/2009/06/lingkungan-sehat.html
http://junarto-stikes.blogspot.com/2011/11/ciri-ciri-lingkungan-sehat-dan.html
http://www.crayonpedia.org/mw/Ciri-Ciri_Lingkungan_Sehat_dan_Lingkungan_tidak_Sehat_3.1
http://earth-is-ourlife.blogspot.com/2009/06/lingkungan-sehat.html
http://ayurai.wordpress.com/2009/04/04/pengaruh-lingkungan-terhadap-kesehatan/

http://www.anneahira.com/lingkungan-hidup-sehat.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar