Selasa, 04 Juni 2013

Inovasi Teknologi [Mobil]

Inovasi Teknologi [Mobil]

Pada Era Global saat ini, banyak ditemukan kendaraan berbagai jenisnya. Dari kendaraan yang manual digunakan oleh manusia seperti sepeda sampai yang tercanggih digunakan oleh khalayak yaitu mobil. Pada tulisan kali ini, saya berniat menuangkan dalam sebuah artikel mengenai inovasi teknologi mengenai kendaraan roda empat yang semakin meluas dan inovatif dikalangan industri dan masyarakat (terinspirasi dari seminar Inovasi Teknologi yang diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana beberapa waktu lalu).
Mobil, sebuah kendaraan roda empat yang menggunakan bensin ataupun solar sebagai bahan bakar yang menggerakkan mesin-mesinnya ini selalu saja ada sentuhan-sentuhan baru tiap masanya.  Bahkan saat ini sudah diciptakannya sebuah mobil yang menggunakan listrik atau bahkan panas cahaya matahari sebagai penggerak mesin-mesinnya. Semula, mobil merupakan sebuah kendaraan pertama yang di design oleh Ferdinand Verbiest (1672) yang bekerja menggunakan uap. Hanya saja ia mendesign kendaraan layaknya sebuah prototype berukuran 65 cm yang tidak memungkinkan untuk dikendarai oleh penumpangnya, ia mendesign prototype itu untuk sebuah kerajaan di China.
Mobil dengan bantuan tenaga uap berkembang pesat saat dikembangkan oleh Lunar Society (Brimingham, Inggris). Sedangkan mobil dengan bensin sebagai bahan bakarnya diciptakan pertama kali oleh Carl Benz (Mannheim, 1886).

Gambar 1. Motorwagen, mobil pertama dgn bensin

Pada saat ini, Negara Amerika lah yang menduduki peringkat pertama sebagai Negara yang memiliki mobil terbanyak dari Negara lain. Sedangkan Jepang merupakan Negara yang memimpin dalam proses produksi mobil. Penerobosam spektakuler dilakukan oleh Berta Benz (1888), ia menciptakan mobil yang mampu bersaing pada jamannya selama beberapa decade. Mobil tersebut ia design sedemikian rupa dengan mesin uap-listrik-bensin . Memasuki tahun 1900-an, inovasi atau perkembangan teknologi otomotif sangat cepat dikarenakan para produsen mobil kecil bersaing untuk mengambil perhatian di dunia.  Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroen dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897). Setelah 1930 jumlah produsen mobil berkurang drastis saat industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960 jumlah produsen hampir tetap dan inovasi berkurang. Teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Siapa tidak mengenal Mercedes-Benz, perusahaan mobil terkemuka kelas dunia yang sudah melahirkan mobil-mobil berbagai jenis sejak 1889 hingga saat ini. Mercedes-Benz atau lebih dikenal Mercy ialah sebuah merk mobil dari perusahaan Daimler Chrsyler (dikenal Daimler-Benz). Perusahaan ini merupakan perusahaan mobil tertua di dunia yang diyakini memiliki kualitas paling tinggi dan didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Carl Benz. Dan berikut merupakan mobil yang telah diproduksi pertama kali hingga yang terbaru dari perusahaan ini. (Gambar 2 dan Gambar 3)

Gambar 2. Mobil produksi pertama


Gambar 3. Mobil produksi terbaru

Referensi :
http://shinicikira.blogspot.com/2013/02/perkembangan-mobil-dari-masa-ke-masa.html
http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/94-sejarah-ditemukannya-mobil
http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil
http://pandri-16.blogspot.com/2010/01/sejarah-terciptanya-mobil.html
http://dminoritaz.wordpress.com/2012/04/11/sejarah-penemuan-mobil/#more-135


Tidak ada komentar:

Posting Komentar